Game
online punya kaitan sejarah dengan lembaga antariksa Amerika Serikat
(AS), NASA. Lembaga ini termasuk salah satu pihak yang memulai lahirnya
permainan digital tersebut. Saat ini, game online sudah sangat
berkembang. Tidak hanya untuk permainan, game online juga sudah menjadi
ladang bisnis bagi sebagian kalangan.
Banyak
sekali peluang bisnis yang lahir dari game online. Pihak yang
menyediakan tempat penyewaannya (rental) sudah bisa mendapatkan
keuntungan dari permainan tersebut. Para pembuat game juga meraup banyak
penghasilan dari perkembangan ini. Sebagian mereka bahkan sudah
terbangun menjadi industri besar pembuat game.
Satu
lagi bisnis yang juga tercipta dari game online ini adalah jual beli
karakter tokoh dan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam game.
Mereka yang berhasil membangun karakter yang kuat dan merajai permainan,
bisa menjual karakter itu kepada orang lain dengan harga tinggi. Jual
beli karakter ini sudah sangat lazim terjadi.
Game online, menurut www.life123.com,
tercipta dengan kontribusi ide dari banyak entitas dan perusahaan. Saat
mulai muncul, permainan ini lebih populer disebut multiplayer game.
Permainan ini sudah melibatkan perangkat server supaya banyak pemain
bisa ikut tersambung.
Proyek
game online pertama kali dinamai proyek Plato yang dikembangkan tahun
1972. Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Control Data
Corporation dan Universitas Illinois, Amerika Serikat (AS). Lewat proyek
itu, para mahasiswa bisa berinteraksi melalui terminal untuk
kepentingan pendidikan dan pengembangan pengetahuan tentang komputer.
Di
tahun 1972, jaringan interaksi tersebut kemudian digunakan oleh para
mahasiswa untuk mengembangkan game yang bisa dimainkan oleh banyak
orang. Interaksi ini kemudian menghasilkan atu interface khusus dalam
jaringan tersebut yang hanya dialokasikan untuk menampung game. Saat
itu, atmosfernya belum komersial.
Hampir
bersamaan dengan itu, lembaga antariksa NASA juga membuat game yang
bisa dimainkan oleh banyak orang. Tahun 1973, NASA membuat multiplayer
game dengan nama Maze War. Game ini mendorong tersedianya server buat
hosting game. Konsep inilah yang kemudian mengalami reinkarnasi menjadi
server-server besar yang menampung game online.
Barulah
mulai tahun 1978, Multi User Dangeon (MUD) dikembangkan sebagai varian
sistem game online pertama yang dikomersialkan. Genre game online
berbasis MUD ini memang belum bisa dimainkan lintasnegara. Basis ini
menjadi cikal bakal lahirnya Massively Multiplayer Online Role-Playing
Games (MMORPGs) yang menyusun konsep dasar game online lintasnegara.
Di
tahun 1984, MAD lahir sebagai game online pertama yang bisa dimainkan
dari berbagai negara. MAD sebenarnya adalah platform MUD yang
dihubungkan oleh jaringan internet yang menghubungkan berbagai belahan
dunia. Tahun 1991, American Online (AOL) juga mengembangkan game online
yang khusus disediakan untuk para pelanggannya. Game buatan AOL ini
diberi nama Neverwinter Night. Ini adalah game online grafis pertama
yang berbasis MMORPGs. Setelah itu, kemudian game-game online menjadi
sangat populer dan digemarin banyak orang terutama anak muda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar